Mengatasi Power Window Macet

20 Feb

Jika anda memiliki kendaraan roda empat yang sudah dilengkapi dengan power window, ada baiknya melakukan pengecekan kaca jendela terutama di pintu kanan secara rutin. Coba tekan tombol automatic pada power window, jika dengan sekali tekan sudah dapat membuka dan menutup dengan lancar tanpa terhambat atau berbunyi berarti masih bagus. Akan tetapi jangan lupa untuk mengecek power window di bagian pintu lainnya. Rata-rata pemilik kendaraan roda empat mengeluh sudah tersendat-sendat atau seret.

Ketersendatan kaca jendela di bagian selain pintu pengemudi memang sudah umum karena karat yang terjadi pada bagian-bagian power window. Berbeda dengan kaca bagian pengemudi umumnya lebih lancar karena sering digunakan. Karat pada power window biasanya terdapat pada logam-logam regulator dan gigi-gigi motor penggerak power window. Karat yang terdapat pada motor biasanya terbentuk karena karet atau seal pintu tidak menutup dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan air dapat menerobos masuk, selain itu karet yang sudah tidak menutup sempurna biasanya akan menjadi keras, maka dari itu haruslah diganti dengan yang baru agar tidak seret.

Dengan melakukan pengoperasian power window baik pada pintu depan maupun belakang dengan lebih sering maka dapat meminimalisir terjadinya macet. Akan tetapi hal ini sering terjadi pada mobil-mobil yang berusia diatas 5 tahun, maka dari itu solusi untuk yang sudah mengalami hal seperti ini adalah dengan mengganti karet penutup, membersihkan karat, dan memberi pelumas pada permukaan yang memiliki logam.

Akan tetapi ada hal yang perlu anda ketahui sebelum membongkar power window karena agak sedikit rumit, banyak baut yang terdapat pada pintu mobil. Sebelum melakukan hal ini ada baiknya membaca beberapa tips dalam membongkar bagian pintu mobil, mulai dari trim, pemutar kaca, saklar, sampai terakhir adalah melumasi. Jika anda masih belum berpengalaman dalam membongkar pintu ada baiknya menyerahkan hal ini kepada spesialis power window, karena jika salah sedikit bukan tidak mungkin kerusakan akan dapat terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: